Curug Omas dan Taman Hutan Raya View ×

Tips dan Perlengkapan Untuk Fotografer Pemula

Leave a Comment
Menjadi fotografer itu ngga sulit, dengan mempunyai kamera dan ketekunan ingin belajar kita sudah bisa menjadi fotografer. Kedepannya saya ingin membagi ilmu tentang fotografi, tapi berhubung ini artikel pertama maka gue bakal share yang dasar dulu yaitu tentang tips dan perlengkapan untuk fotografer pemula.

Fotografer

1. Kamera
Salah satu barang wajib dimiliki fotografer yaitu kamera, tapi di zaman era modern ini mungkin sudah banyak orang yang mempunyai kamera karena pada smarphone pun telah dilengkapi fitur kamera. Buat yang mau upgrade ke SLR jangan berpatokan pada harga, tapi berpatokan lah pada kebutuhan kalian mau yang kaya gimana, mau foto landscape? orang? micro? lihat juga review-review yang sudah bertebaran diberbagai blog atau forum dan ingat juga setiap kamera mempunyai kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Maka dari itu cari kamera yang kelebihannya yang pas untuk kebutuhan kalian :) 

2. Lensa
Apalah artinya kamera tanpa lensa lol barang wajib kalian kedua yaitu lensa, ga beda jauh kaya kamera pilihlah lensa sesuai kebutuhan juga, mau zoom? wide? micro ? atau bokeh ? ada baiknya kalau pemula memilih lensa kit terlebih dahulu, untuk mencoba semua haluan fotografi dan mencari yang sesuai jati diri kalian cool kalau sudah ketemu haluannya baru deh beli lensa nyaa hahaha 

3. SD Card
Benda kecil ini sangat penting untuk kamera SLR, percuma kalau kalian motret tanpat benda kecil ini sad yap SD Card, tenang aja harganya terjangkau kok dan bisa dibeli di toko elektronik bahkan minimarket, sebenarnya 1 juga cukup tapi alangkah baiknya untuk back up kalau yg satu full ada cadangan kan.

4. Tas Kamera
Banyak fotografer menganggap kamera adalah kekasih keduanya, maka dari itu banyak fotografer yang menyayangi kameranya dengan dibelikannya tas pribadi redface Agar kamera tersayang nya aman dengan tas yang memiliki pelindung dalam tasnya, dan gue ingetin lagi jenis tas untuk kamera itu banyak jenisnya, pilihlah sesuai kebutuhan juga.

5. Tripod atau Monopod
Benda berkaki tiga ini perlengkapan fotografi yang sebenarnya tidak wajib, sesuai kebutuhan kalian aja, kalau haluan kalian landscape ya wajib, atau kalau kalian suka foto acara atau sport pilihlah monopod karena lebih mudah dan fleksibel, harga tidak membohongin kualitas, tapi untuk apa yang mahal - mahal kalau jarang dipakai ? Jadi lebih bijak lah lagi dalam memilih perlengkapan yang satu ini wink

6. Flash
Untuk yang haluannya strobist atau foto pada malam hari yang mungkin akan membutuhkan flash, saat ini flash juga disediakan oleh pihak ketiga yang harga nya lebih murah. Menurut gue untuk pemula lebih baik menggunakan nature light dulu atau cahaya alami, kalau SLR nya telah dikuasi baru masuk tahap selanjutnya belajar flash, karena untuk yang mau belajar strobist akan keluar biaya lagi untuk membeli peralatan strobistnya seperti trigger, lightstand dan lain lain.

7. Alat Perawatan
Barang penting yang dipandang sebelah mata ini jangan di anggap remeh, karena berpengaruh terhadap umur kamera, terus apa aja barang perawatannya ? 
  • Filter Lensa, barang yang digunakan untuk melingdungi lensa kalian, pilihlah yang kualitas bagus agar tidak mengubaha kualitas hasil foto.
  • Cleaning Kit, bagi yang suka foto di alam bebas yang mungkin akan membuat kamera kotor akan debu atau yg lainnya, wajib membeli celaning kit untuk membersihkan sensor, tapi harus sangat berhati hati kalau membersihkan sensor atau kalau tidak berani mending suruh yang berpengalaman saja yang membersihkannya.
  • Drybox atau Cabinet, suhu yang dingin sangat rawan terhadap kamera karena memicu pertumbuhan jamur, maka dari itu alangkat baiknya membeli drybox agar kamera tetap awet.
Dan gue juga mau ngasih beberapa tips untuk para fotografer :
  • Banyak-banyak minta orang lain untuk mengomentari foto kalian, gue ngerti kok orang Indonesia paling males dikomentarin, tapi untuk foto kan yang nikmatin bukan kita aja, jadi apa salahnya menerima komentar orang lain agar foto kita semakin cantik.
  • Jangan takut untuk bereksperimen, foto merupakan karya seni dan tidak ada karya seni yang jelek, setiap orang mempunyai selera masing-masing, bereksperimen lah terus untuk menemukan konsep foto yang unik dan menarik.
  • Sering-sering melihat karya foto orang lain, bukan tujuannya untuk meniru atau plagiat, tapi untuk menambah inspirasi dan ide kalian.
  • Bagi yang suka foto landscape sering-sering buka blog travelling atau jalan-jalan untuk menemukan spot baru yang indah.


0 komentar:

Posting Komentar