Curug Omas dan Taman Hutan Raya View ×

Curug Omas dan Taman Hutan Raya

Leave a Comment
Satu lagi tempat wisata yang patut kalian datangi bila datang ke kota kembang, yaitu Curug Omas. Curug Omas ini letaknya ada di dalam Taman Hutan Raya Ir. Hj. Juanda, Dago Pakar yang tepatnya lebih ke arah Taman Wisata Maribaya Lembang, kabupaten Bandung.

Curug Omas

Sebenarnya ada beberapa pintu untuk masuk ke tempat wisata ini, bisa dari Maribaya ataupun dari Taman Hutan Raya, karena waktu itu gue lebih deket ke Tahura (Taman Hutan Raya) jadi gue milih masuk lewat sini. Begitu masuk gerbang bakal ada loket pembelian karcis dengan harga Rp.11.000 perorang, sama harganya seperti tiket masuk Tebing Keraton karena masih dalam kawasan Taman Hutan Raya. Kita bisa masuk ke beberapa lokasi, yaitu taman hutan, gua jepang, gua belanda, curug Omas, dan Tebing Keraton yang baru-baru ini dimasukin kedalam wisata alam Hutan Raya Ir. Hj. Juanda.

Mungkin orang kalo dateng ke Tahura ini cuma bakal masuk ke gua jepang/belanda doang karena memang sebenernya jalan ke curug Omas ini cukup jauh juga ke dalem, track nya bisa jalan kaki atau naik motor ngitarin gua belanda. Bisa aja sih kalo yang jalan kaki lewat ke dalem gua belanda untuk motong jalan karen gua belanda punya  pintu keluar yang nembus di sebrang sana, ya itupun harus gelap-gelapan dulu. Nah buat yang naik motor sih ga ada jalan lain selain ngitarin gua Belanda, jalannya lumayan sempit sih dan musti hati-hati banget apalagi kalo udah hujan soalnya beberapa jalan ketutup sama tanah merah dan batu-batu jalan setapaknya udah ilang-ilang. Buat kalian yang ga bawa motor karna dari luar kota atau dateng naik mobil dan gamau jalan jauh bisa juga naik ojek warga sekitar tapi sayangnya  gue gatau harga sekali jalan sampe ke curug Omas berapa.

Taman Hutan Raya

Selama perjalanan kalian pasti bakal ngerasa main ke hutan banget deh karna emang bener jalan itu di pinggirnya gua yang gede banget dan pinggir lainnya pohon rindang, kalian juga bakal nemuin sungai yang cukup luas meski ketutup sama pohon dan semak-semak tapi desiran airnya kedenger banget. Disini juga ada penangkaran rusa loh, tapi sayangnya gue ga sempet kesana karna waktu yang ga memungkinkan dan tujuan utama gue kan curug Omas. Lanjut lagi di perjalanan yang  lumayan jauh ini masih ada beberapa warung kecil yang jual makanan dan minuman ko, bisa juga jadi tempat istirahat kalian yang jalan kaki.

Untuk yang naik motor, kalian gakan bisa nerusin perjalanan naik motor pas sampe di jembatan besar. Biasanya pemilik warung yang ada disitu bakal nyuruh kalian buat parkir motor disitu dan ngelanjutin dengan jalan kaki, tapi dari sini ke curug Omas udah deket ko. Gak begitu susah sih buat dateng kesini karena memang jalannya yang ga bercabang-cabang bikin pusing.

 Setelah kalian sampe, suara deresnya air yang jatuh langsung menyambut kalian dengan udara yang super sejuk. Yang bikin unik, di curug ciomas ini kalian harus nyebrang untuk bisa nikmatin wisata alam ini, dan kalian nyebrang di atas curugnya! Yang biasanya kita langsung liat air terjun di bawah, ini kita nyebrangin tepat di atas air terjunnya. Aneh? Kebayang gak? Emang rada lebay sih tapi gilak aja bikin jembatan di atas air terjun ketinggian lebih kurang 30 meter dan gue termasuk orang yang takut ketinggian apalagi berhungan dengan air yang bervolume banyak, cukup ujinyali juga sih nyebrang liat ke bawah tinggi banget. Mesti banget kalian dateng kesini!

Curug Omas

Tapi tenang aja ko, kalia tetep bisa menikmati pemandangan air terjunnya dari bawah karena ada tangga batu yang mengarahkan kalian ke jembatan dibawah yang view nya langsung mengarah ke curugnya. Meski air dari curug ciomas ini berwarna kecoklatan tapi masih tetep indah ko, tempat ini asri banget buat kalian yang mau nenangin diri kesini cocok juga. Nama curug ciomas itu diambil dari bahasa sunda yaitu domas atau dua dari omas dan omas itu sendiri diartikan sebagai ......
 Kalian juga mesti tau nih, biasanya disini tuh suka banyak monyet hutan yang lalu lalang loncat dari satu pohon ke pohon lain, tapi ga jarang juga mereka nyamperin buat nyari makanan sisa manusia. Diingetin lagi ya, buat kalian hati-hati dan jangan sembarangan atau jail ngusik monyet yang ada di tahura ini.

Buat kalian yang cape karena perjalanan jauh ada penyewaan tiker nih untuk kalian duduk atau tiduran nikmatin sejuknya alam ditambah suara air terjun, banyak juga warung yang menyajikan makanan dari jagung bakar, mie instan atau makanan berat seperti nasi. Karna kebanyakan orang yang datang kesini keluarga yang hendak piknik, fasilitasnya juga enak loh buat anak kecil disediain tempat bermain kaya serodotan dan lainnya. Enaknya tempat ini udah cukup terpelihara sama pemerintah yang ngelola tinggal kita aja nih yang pelihara alam yang masih asri ini biar tetep terjaga keasriannya.
Tempat ini juga bisa dijadiin list tempat foto kalian mau itu pre wed, foto sama pacar, atau foto sama temen dan sahabat kalian.

0 komentar:

Posting Komentar