Curug Omas dan Taman Hutan Raya View ×

Backpacker ke Pulau Tidung

19 comments
Berlibur ke pulau-pulau kecil mungkin menjadi mimpi banyak orang termasuk gue. Akhirnya gue bisa mencapai mimpi gue ke pulau tidung dengan kendala yang begitu banyak, namanya juga backpackeran. Bermodal belajar dari pengalaman orang lain lewat Field Report atau Blog, gue bersama sahabat gue nekad pergi ke pulau Tidung dari kota Bandung.

Hari Kamis 14 Agustus 2014 dini hari, gue berangkat menuju Jakarta dari terminal Leuwi Panjang, tadinya gue mau berangkat jam 12 malam tapi gue tanya-tanya di terminal katanya jam 1 atau 2 juga ada yang berangkat, yauda mending gue nunggu di Bandung daripada ntar nunggu di Jakarta. Setengah 2 gue berangkat menuju terminal Leuwi Panjang, dan penderitaan pun di mulai. Ternyata tidak ada satupun keberangkatan bis yang menuju jakarta, adanya cuma jam 3. Tadinya gue mutusin untuk balik kerumah, tapi sahabat gue pada minta tetep lanjut aja! Yauda kita nunggu deh, sekitar jam setengah 3 ada bis yang mau berangkat ke Bekasi, kenek bis nawarin kita, dia bilang mending naik bis ini nanti sebelum masuk Bekasi naik bis yang ke Jakarta, yauda deh daripada ketinggalan kapal mending naik bis apa adanya aja, Jam 3 kita berangkat, untungnya kita berangkat pagi jadi bis ga ber AC juga jadi bukan masalah. Cuma bayar 25 ribu lalu kita turun di Bekasi pukul 6 pagi, langsung nyebrang tol naik lagi bis jurusan Grogol, pas lagi naik bis kedua gue udah putus asa banget, udah jam 7 lebih terus macet lagi, yaa lu tau lah Jakarta jam segitu, lalu gue turun di sekitar Grogol bayar 9 ribu, ane gatau nama tempatnya sih, tapi kita turun karena melihat Angkot KWK 01 jurusan Muara Angke, lalu kita naik angkot KWK 01 turun di Muara Angke bayar 5 ribu, naik ojek ke Pelabuhan Kali Adem bayar 5 Ribu, dan pukul 9 tiba di Pelabuhan Kali Adem, berharap masih ada keberangkatan kapal ke Pulau Tidung, karena sempet baca di blog juga ada yang berangkat jam 9 atau 1 siang, namun perasaan dan pikiran negatif sudah menghantui gue karena saat melihat pelabuhan udah sepi banget! Ampun dah, udah gabakal bener nih, dan ternyata bener aja pas bertanya sama petugas sudah tidak ada keberangkatan lagi.

Daripada sia-sia sudah sampai Jakarta, gue dan sahabat gue tetap nekad untuk tetap berangkat tapi harus nunggu esok hari, yauda deh kita terpaksa menunggu di pelabuhan selama 22 Jam!! Ga banyak yang kita lakuin selama 22 jam, hanya menunggu, makan, mengobrol, dan lain-lain. Yaa mungkin untuk backpacker itu bukan masalah. Untung penjaga dan warga sekitar nya baik baik, jadi selama seharian kita ngobrol sana sini, lumayan kan dapet banyak pengetahuan dan pengalaman juga, atau bisa foto foto narsis juga di pelabuhan.

Hari Jumat 15 Agustus 2014, kita hanya tidur di ruang antrian pelabuhan beralaskan tikar, dan terbangun jam 4 karena mulai banyak traveler yang lain berdatangan, jam 5 gue langsung simpan barang buat antrian, Jadi kalau di Kali Adem untuk antrian tiket kapal pertama harus antrian pake barang dulu, seperti barang bawaan jangan pakai batu atau sampah. Untuk kepulau tidung cuma ada 17 kursi, Pulau Pari dan lain-lain ada 40 Kursi di Kali Adem, kalau ke Tidung dari Muara Angke ada 200 sampai 300an. yeah! cuma 17 kursi! Makanya harus cepet-cepet, disaranin jam 5 udah di pelabuhan, karena sistemnya siapa cepat di dapat. Pukul 8 pagi kita disuruh antri di samping barang antrian masing-masing, lalu gue beli tiket deh dengan harga 52 Ribu, wajar mahal karena kapal yang digunakan Speedboat, cuma butuh waktu sejam untuk menuju pulau Tidung, Jam 9 kita berangkat dari pelabuhan Kali Adem dan...... Pukul 10 kita sampai di Pulau Tidung!

Pulau Tidung

Sampai di Tidung gue ga lansung main ini itu, tapi harus cari penginapan dulu, harganya macem macem banget ada yang 150 ribu rupiah sampai 450 ribu rupiah, tinggal milih sesuai kebutuhan aja, pada waktu itu gue butuh yang depan pantai dan akhirnya dapet juga harga nya 300 ribu rupiah, bagaimana bentuk penginapannya ? Gambar di atas itu penginapannya, namanya Penginapan Mutiara.

Selesai dapet penginapan kita istirahat dulu penginapan sambil menatap indahnya pantai di Pulau Tidung, dengan gradiasi pasir pantai yang putih, air yang laut yang bening dan air tengah laut yang biru, keren banget! Gue berharap tidung selalu mempesona kaya gini kaya pulau pulau yang lain yang sudah keruh dan banyak sampah sad Okey saat nya berhedon ria, jam 2 an kita pergi ke Jembatan Cinta, deket banget dari penginapan kita karena kebetulan penginapan ini yang paling ujung lol Pertama kita main Rooling atau Donat, kaya Bananaboat gitu tapi bentuknya donat kalau yang ini, lalu kita bayar 35 Ribu rupiah sekali main, dan... AAA... AAAK.... Gilaa gokil abis main wahana ini! selesai main donat, kita lanjut snorkling, katanya sih spot yang keren ada 2, utara sama selatan, bedanya kalau yg di utara ombaknya gede, kalau yang di selatan airnya tenang, yauda gue coba aja dua-dua nya, Bayar lagi 35 Ribu rupiah untuk sewa alat Snorkling, oh iya, kalau mau pake kamera underwanter sewa lagi 100 Ribu rupiah, okeey lanjut Snorkling! Gue berenang menuju utara yang katanya paling keren spotnya, tapi ditengah jalan kita berhenti gara-gara kaget liat bulu bali yang sangar bentuknya, maklum pertama kalinya juga gue snorkling lol Lalu kita naik speedboat deh pindah ke Selatan, dan Cebuuur!! wiihhhh keren banget, gue baru tau kalau kehidupan bawah laut keren banget! Yang ga kelupaan itu saat ada tour guide yang nyebarin makanan ikan, wihhh itu ikat pada keluar semua, jadi kita dikelilingin banyak ikan hias biggrin

Walaupun belum puas Snorkling tapi gue harus ke penginapan dulu untuk siap-siap foto di Jembatan Cinta, pukul setengah 5 kita udah foto-foto di jembatan cinta, harusnya sih kalau mau foto sunset bagusnya di Pantai yang deket dermaga, tapi karena jauh juga yauda kita ke Jembatan Cinta aja.

Pulau Tidung

Dari jembatan kita bisa liat dasar laut karena airnya yang bening banget! Namun sangat disayangkan menurut gue jembatannya yang terbuat dari cor an, padahal lebih bagus atau biar natural dibuat dari kayu, yaa mungkin untuk faktor umur juga makanya saat jembatan sempat rusak di ganti dengan yang cor an sad

Hari Sabtu pukul 4 Pagi, gue bangun untuk foto foto sunrise depan hotel, dan betapa kagetnya saat temen gue bilang antrian udah dimulai sekarang -_- yauda Jam setengah 8 kita langsung ke dermaga, dan ternyata untuk yang ke Kali Adem antrian udah penuh, terpaksa harus naik Ferry yang ke Muara Angke, dan saat bertanya kapan keberangkatannya ? ternyata tinggal 20 menit lagi evil langsung deh buru-buru beresin barang bawaan dan check out, beruntung deh masih sempet naik kapal nya, Pukul 8 kita berangkat dari Pulau Tidung ke Muara Angke, dan pukul 11 sampai di Muara Angke, yap beda 2 jam dengan saat berangkat yang menggunakan Speedboat, namun harganya juga sudah beda untuk naik ferry cuma bayar 35 ribu, sampai di Muara Angke kita makan makan dulu, terus naik ojeg sampai jalan raya bayar 5 ribu per orang, lanjut naik angkot KWK 01 sampai Grogol bayar 5 ribu per orang, lanjut naik Trans Jakarta dari Grogol - Kali Deres bayar 3.5 Ribu, dan dari Kali Deres naik Bis tujuan Leuwi Panjang bayar 65 Ribu dan sampai Bandung Pukul 6 Sore.

Pengalaman yang tak terlupakan banget, semua transport bagus atau biasa kita tumpangi dan pengetahuan gue juga bertambah. Salut buat keindahan alam yang diberikan oleh pulau Tidung!

Sekedar tips dari gue bagi yang mau pergi ke Pulau Tidung atau Pulau Seribu :
1. Untuk transport menuju Jakarta, ada 2 pilihan menurut saya yang sangat cocok untuk backpakcer, yaitu Bis atau Kereta, kalau dari Bandung mending berangkat jam 12 malem, karena harus antri tiket kapal. hmm Jauh lebih baik naik kendaraan pribadi, nanti parkir di Pelabuhan, tenang aja aman kok.

2. Untuk transport menuju pulau seribu, ada 2 pilihan juga, dari kali adem atau muara angke, masing masing punya kelebihan, kalau uang memadai dan menghemat waktu mending naik Speedboat dari kali adem. tapi kalau mau benar benar backpacker dan menghemat uang mending naik kapal Ferry dari Muara Angke.

3. Untuk penginapan, pilih penginapan sesuai kebutuhan, jangan ragu untuk menawar, kalau mau yang murah mending menginap di homestay atau di rumah warga, ada yang rumahan atau kamar. Patokan harga 150 ribu rupiah sampai 350 ribu rupiah.

4. Info untuk harga-harga di Pulau Tidung : Sepedah 15 ribu rupiah / hari, Bananaboat 35 ribu rupiah, Alat Snorkling 35 ribu rupiah, Makan 20-30 ribu rupiah, Ojeg 25-30 ribu rupiah, Kamera Underwater 100 ribu rupiah.

5. Tips terahkir, siapin mateng mateng jadwal acara nya, siapin juga barang bawaannya dan apa salahnya bila uang memadai menggunakan tour guide agar semuanya jadi mudah.

1. Lumayan buat warga Jakarta, sebagai arternatife wisata Pantai selain Ancol.

2. Mitos Jembatan cintanya yang bikin penasaran. Aku merasa Ceita cintanya asal - asalan, tapi menarik di perbincangkan.

3. Pulau Tidung liburan Cocok untuk bebagai kalangan.

4. Kepulauan Seribu memang tempat wisata yng unik di Ibukota.

5. Alternatife liburan di Pantai selain Ancol.

6. punya kontak penginapan nya ga bro? kalo ada boleh saya minta? :D

makasih sebelumnya

Balasan
    1. Ada nih Agus 085777527685, iyaa sama sama gan :)

Hapus
  7. jadi tergiur euy... lagi itung2 nih buat backpaker kesana sama anak bini... kayaknya kalo start dari kaliadem lebih enak kayaknya ga terlalu jauh jadinya. soalnya kasian anak bini kalo kelamaan di atas laut.

Balasan
    1. Sebenernya muara angke sama kali adem ga beda jauh jaraknya, cuma beda jenis kapalnya aja, kalau kali adem pake perahu speedboat penumpangnya 20 orang waktu tempuhnya 1 jam, kalau muara angke perahu kapal ferry penumpang 200+ orang waktu tempuh 3 jam, iyaa kang mending naik dari kali adem aja, cuma beda dikit ko harganya tapi kenyamanan beda jauh hahaha

Hapus
  8. bro rossi udah sering kesana ya boleh minta no contact nya mau sharing kesana nya

Balasan
    1. Baru pertama kali ko bang Burhan, ini no contact saya +6285624623600, untuk kontak lainnya ada di halaman Contact :)

Hapus
  9. Nama yang punya homestay nya pa agus?itu homestay di pinggir pantainya sebelumnya uda ditawar atau belom dapet 300 ka?

Balasan
    1. Kalau yg itu bukan homestay tapi kaya hotel lagi, terus paling deket sama jembatan cinta. Iyaa hotel nya dipinggir pantai kaya gambar di atas :) kalau pa Agus itu karyawan atau penjaga hotel nya, waktu itu sih negosiasi harganya emang segitu gabisa ditawar lagi :(

Hapus
  10. Hai rossi agung putra, terimakasih atas previewnya. Untuk pemesanan di mutiara bisa contact bpk. Agus yg stay disana atau langsung contact saya yg di Jakarta selatan utk info lebih lanjut
    FAJAR 081287215385

Best Regards,
    Sales Manager Mutiara Tidung Resort

Balasan
    1. Saat ini contact dialihkan langsung ke 08121042502 untuk pemesanan dan lebih jelasnya.
      Atau bisa melalui website www.mutiaratidung-resort.com

2. Oyaa sama sama Mutiara Tidung Resort,
      Naah buat yang membutuhkan kontak person Mutiara Tidung Resort silahkan hubungi no di atas, makasih buat info nya :)

11. penginapan muat berapa orang ya?

Balasan
    1. Waktu itu sih cuma 4an yg nginep, tapi kamar sebelah kayanya lebih dari sepuluh dan kayanya ga tidur didalem semua, ada yg diteras juga, jadi kaya nya cuma muat 4-6 orang lah, lebih dari itu bisa tapi mungkin mengurangi kenyamanan :) Kalau emang banyakan ada yg lebih besar kok kamar nya