Curug Omas dan Taman Hutan Raya View ×

Stone Garden dan Gua Pawon

17 comments
Akhir-akhir ini banyak orang yang membicarakan Stone Garden dan banyak juga yg foto-foto yang berlokasi di Stone Garden, karena penasaran gue cari informasi tentang Stone Garden dan ternyata Stone Garden berlokasi di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, yang lebih tepatnya berada di atas alam wisata Gua Pawon.

Stone Garden

Minggu 28 Desember di hari yang berawan tebal, gue dan teman-teman berangkat dari Bandung menuju Padalarang menggunakan mobil dengan rute dari Gasibu menuju Pasteur dan lanjut masuk tol dan keluar di pintu masuk tol padalarang, setelah keluar tol gue ikutin jalan menuju Cianjur atau Sukabumi, terusss ikutin jalan aja dan kalau liat rambu rambu pemberitahuan jalan akan berliku-liku itu tandanya akan sampai di gerbang desa yang merupakan akses jalan menuju tempat wisata Gua Pawon dan Stone Garden, harus hati-hati juga sih pas lagi memperhatikan mana Gerbangnya karena reklame Wisata Gua Pawonnya bisa dibilang kecil, jadi mending yg pertama di perhatikan adalah Gerbang "Selamat Datang" karena menurut gue hanya ada satu gerbang dengan tulisan itu hahaha. Kalau masih takut nyasar, di era modern gini pasti banyak yg punya smartphone kan, gunakan GPS nya terus pake kordinat lokasi dibawah ini.

Lokasi Stone Garden dan Gua Pawon di Google Map :


Kalau udah masuk gerbang "selamat datang" udah tenang aja, tinggal ikutin jalan yg di cor sampai mentok, kalau udah mentok yaa berarti sudah sampai hahaha, Okey selanjutnya harus absen dulu kalau udah sampai, ga harus semuanya, cukup perwakilan aja. Biaya masuknya perorang Rp.5.500,- dan biaya parkir Mobil Rp.3.000,- kalau motor Rp.2.000,-, murah banget kan ?

Sudah sampai diloket jangan seneng dulu, ada rintangan yang harus kalian lakuin untuk menikmati keindahan alam dari Stone Garden, yaituuu Hiking! Hey buat kalian yang jarang atau bahkan gapernah olahraga mungkin ini akan menjadi nigthmare buat kalian, contohnya kaya gue hahaha, jujur gue jarang banget olahraga, sekalinya harus hiking sepanjang 300 meter, ampun dahhhh! Mandi keringet ampe kaki gemeteran -_- Tapi tenang aja, semua rasa lelah letih akan terbayar oleh keindahan yang diberikan Stone Garden.

Hmmm mungkin diantara kalian ada yg bertanya "Apasih kelebihan tempat ini?" Okey gue review dikit ya. Dari akses jalan fasilitas yang disediakan sangat memuaskan, karena tidak ada jalan jelek sedikitpun karena dari gerbang sampai loket jalan di Cor, namun untuk jalan hiking kurang memuaskan karena track hiking nya bisa dibilang curam dan licin apalagi kalau turun hujan, tapi bukan itu masalahnya, untuk wisata lebih baik safety diutamakan, maka dari itu  harus dibuat juga jalan yang lebih aman untuk yang mungkin kesulitan dalam hiking, tapi tenang aja kok, saat gue di atas ternyata ada motor, yang berarti ada jalan lain yg lebih aman dan lebar tapi gue sendiri tidak tau harus masuk darimana untuk menggunakan jalan itu.

Review nanti gue sambung, sekarang kita lanjut perjalanan menuju puncak, setelah beres hiking nanti akan ada warung-warung buat yg mau istirahat dulu. kalau mau lanjut tinggal ikutin jalan setapak tapi eittts tunggu dulu, harus absen lagi dan bayar Rp.3.000,- per orang. Tinggal beberapa meter lagi sudah sampai, kalian hanya perlu berjalan sekitar 3 menitan lagi sudah sampai di Alam Wisata Stone Garden!

Stone Garden

Saat sudah sampai dipuncak mungkin kaki bisa dibilang lelah, tapi mata akan kenyang menikmati keindahan alam padalarang yang hijau. Sedikit lagi review di puncak Stone Garden, kelebihan yang sangat menarik perhatian gue yaitu bebatuannya yang indah, apalagi disini banyak sekali yang bisa jadikan objek atau background untuk fotografi, bisa dibilang ini spot yang bagus yang disukai para fotografer. Contohnya seperti rerumputan yang berwarna hijau kontras, ilalang yang indah dan bebatuan yang menjulang tinggi. 

Jika sudah puas dengan Stone Garden, jangan langsung pulang, masih ada Gua Pawon yang letaknya berada dibawah Stone Garden. Gua Pawon ini bukan sembarang gua, karena terbentuknya secara alami jadi gua ini sangat unik dan memiliki penghuni asli yaitu kelelawar, penghuni gua ini cukup banyak, namun entah mengapa saat gue berkunjung ke gua ini kelelawar tidak seperti biasanya menggantungkan diri di atap gua, namun kelelawar tersebut malah terbang muter-muter di atap gua yang membuat gua tersebut menjadi makin hidup. Setelah melewati gua, gue melihat fosil manusia purba, uniknya juga fosilnya karena tulang belulang nya masih utuh. 

Itulah perjalan gue menuju Stone Garden dan Gua Pawon, sekarang gue mau ngasih beberapa tips bagi yang mau ke Stone Garden dan Gua Pawon:
  • Gunakan pakaian hiking atau hindari menggunakan celana jeans skinny dan sepatu yang mudah selip.
  • Usahakan berangkat kesini pagi-pagi, agar saat hiking cuacanya segar dan saat dipuncak langitnya bagus selain itu menghindari juga hujan yang biasa terjadi di siang hari di saat musim hujan.
  • Bawa senter juga kalau ingin mengexplore Gua Pawon.
  • Terakhir, tetap utamakan keselamatan agar liburan kalian menyenangkan smile
Oh iya, terima kasih untuk kang Wahyu yang telah menjadi tour guide kami saat meng-explore Gua Pawon mrgreen




17 komentar:

  1. hikingnya berat banget ya kak?
    aduuuuh pengen kesini banget :D
    salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga berat banget sih, lumayan lah hahaha, tinggal cari temen langsung berangkat aja mumpung cuaca lagi bersahabat :) iya salam kenal juga ya Dita

      Hapus
  2. Ke gua pwon wajib pakai guide ga min? Ada petunjuk arahnya ga? Biaya total berapaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sama sama :) ga perlu guide ko, lagian gua nya ngga terlalu luas, petunjuk arah nya cuma di deket pos aja dan unyuk biaya total tergantung kendaraan, biaya masuk perorang 5.500 tambah kalau naik motor 2000 kalau mobil 3000, ditambah lagi biaya stone garden 3000 jadi total sekitar Rp 10.500 an

      Hapus
  3. Berapa lama Min perjalanan dari Gasibu menuju kesana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau via tol paling 1 jam juga nyampe, tapi kalau siang kayanya jalan sedikit tersendat atau mungkin macet dikit di padalarang nya

      Hapus
  4. Ada kendaraan umum gak untuk menuju Stone Garden & Goa Pawon? Angkot misalnya ....

    BalasHapus
  5. Ada kendaraan umum gak untuk menuju Stone Garden & Goa Pawon? Angkot misalnya kalau berangkat dari Padalarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok naik angkot tapi kurang tau jurusannya apa, nanti kalau udah didepan gapura yang mau ke stone garden paling lanjut naik ojeg

      Hapus
  6. Butuh informasi penginapan sekitar goa pawon dan stone garden plus guide yg tau daerah wisata sekitar bandung barat, mau lanjuttt jalan lagiiii

    BalasHapus
  7. kerennnn .... saya mau gowes ke sini ah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, tapi hati-hati mas banyak truk gede :D

      Hapus
  8. Kondisi jalan sampai parkiran mobil bagaimana? jalan bagus dan nanjak atau jalan rusak? mohon info... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus ko mas, jalannya sudah di cor jadi tidak perlu khawatir lagi, dan jalannya tidak terlalu nanjak atau curam :)

      Hapus
  9. Info penginapan di daerah stone garden atau goa pawon donk mas. Plis

    BalasHapus
  10. Info penginapan di daerah stone garden atau goa pawon donk mas. Plis

    BalasHapus