Curug Omas dan Taman Hutan Raya View ×

Tebing Keraton

37 comments
Banyak banget cara untuk ngabuburit dibulan yang penuh berkah ini, daripada nganggur dirumah mending jalan-jalan. Maka dari itu gue berniat untuk jalan-jalan ke tempat yang bisa memanjakan mata, dan perhatian gue terpusat pada tempat yang lagi lumayan hits di Bandung, yaituuu Tebing Keraton!

Tebing Keraton

Gimana keren kan ? Gue sendiri masih bingung dengan namanya, kenapa disebut tebing keraton, tapi saat melihat sebuah batu hitam bertulisan kuno rasa penasaran pun hilang, mungkin itulah salah satu alesannya lol Tebing keraton ini tempat wisata yang masih dikelola oleh warga sekitar, tenang aja warga nya ramah ramah banget kok, mereka juga menyediakan parkir untuk motor dan mobil, tapi gue rasa untuk mobil tidak terlalu banyak tempatnya. Untuk kesini gue saranin mending pake motor atau motor off road kalau bisa, karena hanya sebagian jalan yang di aspal, yang mau naik mobil juga ga usah khawatir, jalan cukup kok untuk mobil tapi ada beberapa kawasan yang gabisa berpapasan.

Pada saat itu gue ke Tebing Keraton jam 3 sore, sempat ragu karena awan mendung, tapi beruntungnya kita saat kita sampai cuaca menjadi cerah. Akses jalan kesini sama seperti artikel saya sebelumnya yaitu Cafe D'Pakar, tapi tenang aja bakal gue jelasin lagi disini.

Jika kalian tanya warga untuk menuju ke jalan ini pasti mereka menjawab "Lurus aja terus ke atas sampai mentok." yap! jawaban yang cukup masuk akal, karena jalannya memang lurus terus dan hanya ada beberapa jalan yang bercabang, jalan pertama yang harus kita cari yaitu jalan menuju Taman Hutan Raya Juanda atau Dago Pakar, kalian ikutin aja jalan itu dan kalau udah ketemu Gerbang THR Juanda tetap lurus sampai ada belokan ke kanan yaitu menuju Jalan Dago Pakar Utara, nah kalau sudah belok kalian ikutin jalan teruuuus! Ga usah buru buru, saya ngerti kok jalan nya kurang bagus smile lurus aja terus ga usah peduliin lu lewatin hutan, atau udah serasa di puncak lurus terus aja! Nah kalau buat kalian yang udah pernah ke Cafe D'Pakar dan udah sampai D'Pakar tetep lurus aja! pokonya pasang baik baik di mainset kalian "Lurus aja terus ke atas sampai mentok." sampai suatu saat kalian kaget karena berasa sampai di tempat perkemahaan lol Tenang aja itu cuma warung kok, Warung Bandrek Dago, nah kalau udah sampai situ kalian akan menemukan jalan yang bercabang, pertama ambil kiri, pasti kalian bingung lagi karena ga jauh dari disitu jalan bercabang lagi, nah ambil kanan, okey pasang lagi mainset kalian lurus teruss!! dan disaat sudah sampai di pemukiman warga, harap pelan-pelan jangan lupa juga salam sapa nya karena kita adalah tamu yang tak diundang lol perhatikan sebelah kiri nanti ada jalan belok kiri yang di semen, lewat situ dan lurus terus sampai ada parkiran Tebing Keraton, yap! Kalian sudah sampai di Tebing Keraton, buat yang jarang olahraga siapin fisiknya untuk sedikit hiking menuju Tebing Keraton lol

Sekedar tips dari gue, kalau mau pergi ke tempat ini, siapin kamera, jaket, minuman dan bensin kendaraan yang sudah terisi bensin full. Kalau masih ragu bagaimana jalannya menuju kesana silahkan bertanya lewat komentar jangan sampai korban menyasar dijalan seperti gue bertambah lagi lol

Update 04/04/2015

Keliatannya postingan gue udah ketinggal zaman nih, jadi mending sekarang gue updet dikit aja karena banyak banget yang berubah dari Tebing Keraton, ngga kaya dulu saat pertama kali gue kesana confused

Hmmm mulai darimana yaa, sebenernya update kali ini ga beda jauh kaya update pada posting Cafe D'Pakar, tapi biar afdol mending gue jelasin juga disini deh, mulai dari info pertama, ada kabar gembira buat kita semua nihhh lol Jalan menuju Tebing Keraton mulai ada perbaikan, sebagian jalannya mulai di Cor yaa semoga bisa buat perjalan kita nyaman dan hemat waktu juga.

Ceritanya nih kemarin-kemarin gue mau ke Tebing Keraton lagi, karena sudah hampir setahun ga kesana lagi dan mau nyari info-info terbaru lagi buat pembaca setia Erzonia biggrin tapi alhasil gue tidak berhasil ke Tebing Keraton karena gue kesana menggunakan mobil dan ternyata betapa kagetnya gue disuruh parkir di Warung Bandrek dan ke Tebing Keraton nya naik ojek, gue mencoba terus negosiasi terus sama tukang ojek yang merupakan warga sekitar tapi mereka menyuruh gue naik ojek dan dikenakan biaya Rp.30.000 / Orang untuk pulang pergi, Jujur aja buat gue biaya segitu terlalu mahal, apalagi jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, dan belum lagi diatas harus bayar tiket masuk sebesar Rp. 11.000 / Orang. Jadi total sekitar Rp.41.000.

Dengan berat hati gue memilih balik lagi dan mencari tempat wisata lain, tentu aja dengan kejadian itu membuat gue banyak bertanya-tanya confused  Kalau biaya tiket masuk gue masih ngerti karena lahan Tebing Keraton milik Taman Hutan Raya dan butuh biaya untuk membangun fasilitas dan keamanan pengunjung, tapi untuk jasa Ojek kalau bisa harganya ga segitu amat, kaya naik kereta dari Bandung ke Jakarta aja, kasian kan buat kita-kita yang backpackeran sad

Okey sekarang gue bakal ngasih tips buat yang mau ke Tebing Keraton :
  • Gunakan motor sebagai kendaraan menuju Tebing Keraton, buat yang naik mobil dari luar kota mending cari penyewaan motor aja atau minjem motor temen yang di Bandung lol
  • Khusus di bulan April 2015, di Bandung cuaca saat ini sedang musim hujan walaupun seharusnya musim kemarau, jadi usahakan datang ke Tebing Keraton sebelum pukul 12 siang, karena hujan biasanya dimulai pukul 12 siang.
Jika ada kesempatan nanti gue bakal ke Tebing Keraton lagi nih, jadi tungguin aja yaa info lainnya dari gue, oh iya buat kalian yang punya info dan pengen sharing boleh dong di share di komentar, thanks! biggrin

UPDATE 25/05/2015

Wahh, akhirnya bisa updet lagi di Erzonia biggrin Sesuai janji gue di updet kemarin, kali ini gue bakal sharing lagi sedikit pengalaman gue ke Tebing Keraton beberapa hari yang lalu, jujur aja ane kaget ngeliat perubahan di Tebing Keraton, yang awalnya cuma tempat biasa dan masih dikelola oleh warga sekitar. Menurut gue tebing keraton sekarang udah ga kaya dulu lagi, jadi hilang keasrian tebing keraton padahal dulu masih alami banget. Yaa gue juga ngerti ko, mungkin karena faktor keamanan dan kenyaman jadi tebing keraton diubah menjadi seperti saat ini.

Tebing Keraton

Saat ini Tebing Keraton sudah banyak memiliki fasilitas, seperti loket tiket, warung, tempat parkir, jalan dan pager untuk keamanan pengunjung. Selain itu sepanjang jalan menuju Tebing Keraton pun sudah dipasang rambu-rambu menuju Tebing Keraton, jadiiiii buat yang pertama kali ke Tebing Keraton ga usah khawatir kesasar lol

Jadi kesimpulan gue, buat yang mau jalan-jalan ke Tebing Keraton jangan ragu lagi, karena fasilitasnnya sudah memadai walaupun masih ada jalan yang kurang bagus. Dan keaman sudah memadai tapi harus tetap ekstra hati-hati kalau bawa anak kecil kesini, dan terakhir, datang ke Tebing Keraton subuh-subuh biar bisa liat sunrise dan cuaca cenderung bersahabat. Apalagi di hari minggu, yang suka goes sepeda sama touris bercampur aduk di Tebing Keraton lol

Lokasi Tebing Keraton :


Oh iya, jangan lupa ceritain pengalaman nya disini yaa!!biggrin

37 komentar:

  1. Dari Simpang Dago kira-kira berapa menit, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm kalau ga ada hambatan 15 menit juga sampai

      Hapus
  2. bisa dijangkau pake angkot ga? naiknya angkot apa ya? hehe (bukan orang bandung). kalo ke dalemnya mungkin ngojek gitu ada ga? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ke lokasi harus pakai kendaraan pribadi soalnya angkot cuma sampai jalan thr djuada, kalau emang ga ada mungkin bisa negosiasi sama tukang ojeg sekitar dago atau sewa motor

      Hapus
  3. Balasan
    1. Sebulan yang lalu saya kesana ga bayar apapun cuma parkir aja, tapi sekarang kabarnya ada tarif 11 ribu kalau ga salah

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau tempat penyewaan motor saya kurang tau tapi coba search di google mungkin ada, kalau ga, bisa negosiasi dengan ojeg di sekitar dago :)

      Hapus
  5. ane mahasiswa di bandung, informasi waktu tempuh dari simpang dago sampai dengan tebing keraton kira2 30-45 menit, dengan menggunakan motor.kalo ada yg mau ke tebing keraton saya bisa nemani...tenang aja..gratis kok....coz saya juga hobi hiking..asal saya ga ada kuliah.....kebetula kos saya dekat simpang dago. kontak ane di 089637386402

    BalasHapus
  6. mobil pribadi bisa sampai atas juga ga ?
    ane rencana senin depan mo kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ko cuma setelah melewati warung bandrek jalannya mengecil jadi hrs hati hati kalau antar mobil berpapasan, saya juga naik mobil kok kesananya :)

      Hapus
  7. tanjakan/turunannya curam banget gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga banget ko, kalau pernah ke bukit moko, lebih curaman ke bukit moko

      Hapus
  8. naik mobil aman ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman ko, tapi lebih hati hati aja saat berpapasan :)

      Hapus
  9. kalo naik sepedah gimana.. jalannya aman ga.. terus kalo dari arah dago CFD kemana lagi ya..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok tapi pertama kali kesana jalannya kurang bagus, kalau sekarang mungkin lebih bagus, dari cfd ke arah dago pakar

      Hapus
  10. Kalau dari bukit moko mau ke tebing keraton rute nya lewat mana ya kak ? trus kalo jalan ke tebing keratonnya dari THR itu kira2 brp km? dan kira2 brp lama? mohon info ya kak,soalnya saya dr bekasi hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari bukit moko ke tebing keraton ada 2 rute, gue rekomendasiin sesuai kendaraan aja ya. Jalur pertama bagusnya kalau naik mobil sama buat yang pertama kali ke Bandung, jalurnya dari Bukit Moko turun kebawah sampai ke jalan A. H. Nasution langsung belok kanan terus lurus terus atau ikutin jalan aja sampai perempatan Dago, nah nanti ikutin jalan lagi sampai atas nanti ada rambu rambu nya kok ke Taman Hutan Raya, kalau udah nyampe THR dan udah baca artikel gue pasti tau kan kelanjutannya :D Sekarang jalur kedua, cocok buat yang naik motor, sama seperti jalur pertama tapi saat perempatan Jalan Pahlawan belok kanan, terus ikutin jalan sampai mentok belok kiri, nah lurus aja nanti pas ada borma belok kanan, terus ikutin jalan nanti perhatikan rambu rambu juga buat belok ke THR. Jadi bedanya jalur pertama masuk THR nya belok kiri, kalau jalur kedua masuk THR nya belok kanan, jadi sederhanya jalur kedua lawan arah jalur pertama jadi pastinya lebih cepat dan menghemat waktu :) dari THR ke Tebing kerton sekitar 3,8km kira-kira 40 menitan, wah dari bekasi ya, keluar tol nya di pasteur aja biar ga muter-muter, jadi tinggal ikutin jalan gede aja hahaha Oh iya, jangan lupa share pengalamannya sama kalau ada info disini yaaa ;)

      Hapus
    2. Oh gitu,oke thanks banget ya kak info nya :) insyaallah bermanfaat buat kita yg mau kesana hehe.. :)
      insyaallah minggu ini aku sama temen2 mau ke bukit moko, kalo sempet ya waktunya mau mampir ke tebing keraton juga,kaka kesana lagi aja,biar kita ada temen hehe

      Hapus
    3. Iyaa sama sama, amin :) Semoga besok ga hujan, soalnya di bandung hujan terus, wah makasih ya ajakannya tapi maaf besok udah ada acara nih, have fun ya liburannya! ;)

      Hapus
  11. ada penginepan gak sekitar warban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar warban kayanya ga ada penginapan, paling kalau penginapan banyak nya di dago atas

      Hapus
  12. Balasan
    1. Ga beda jauh kondisi jalannya sama ke bukit moko, ga memungkinkan untuk bis lewat, mungkin bisa cari tempat wisata lain seperti tangkuban perahu atau kawah putih yang memungkingkan bis masuk :)

      Hapus
  13. Sekarang tebinh keraton beda banget. Gak bisa di masukin mobil (kalo pake mobil pribadi) well kalo bawa mobil lo mesti parkir di bawah . Dan menuju ke sana gw saranin sih mesti naek ojek (kaki keram kalo jalan kaki) karna trek kesana tuh 3KM 😭😭. Udah jalannya nanjak terus . Gw aja nyesel gak naik ojek secara gak pernah olah raga. Emang sih ongkos ojek rada mahal biasanya kang ojek minta sekita 40-50rb/orang buat sampe nanjak ke tebing. Karna klo jalan kaki bisa 1 jam. So,saran gw sih begitu :D happy holiday

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah makasih yaa Lya udah mau sharing disini :D iyaa emang trek dari parkiran mobil ke tebing keraton lumayan jauh belum ditambah jalan yang menanjak terus, jadi saran kalau mau hemat berangkat naik ojek pulangnya jalan aja sambil menikmati alam hahaha

      Hapus
  14. Bro Admin kapan lagi nih kesana? Bisa kali bareng-bareng sama pembaca blognya :D

    BalasHapus
  15. Bro Admin kapan lagi nih kesana? Bisa kali bareng-bareng sama pembaca blognya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga tuh hahaha, kalau ke tebing keraton baru kemarin-kemarin kesana tapi belum sempet updet disini :D

      Hapus
  16. Tanggal 24 Mei 2015 kami bertujuh mengunjungi tebing keraton (dari jam 11.00 - 13.00 wib). Perjalanan menuju tebing keraton dimaksud, dari warban/warung bandrek (tempat parkir mobil, tarifnya Rp. 5.000,-) dilanjutkan dengan naik ojek sejauh 2,5 km menuju lokasi. Tarif ojek Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) pulang pergi. Dan Bayar tiket masuk Rp. 11.000,-

    nb : fasilitas yang kurang dilokasi adalah Toilet, hanya ada satu-satunya di dekat/di depan loket masuk, namun airnya bypet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah makasih ya udah mau cerita pengalamannya :D bener banget tuuh buat harga nya. waah toilet yaa, kalau gasalah toilet nya yang dideket warung warung bukan? semoga saja kedepannya toilet bisa ditambah dan dibuat semakin nyaman

      Hapus
  17. toilet di lokasi Tebing Keraton hanya ada 1 buah (persis bersebelahan/seberang loket masuk, turun ke bawah sedikit, karena di atasnya toilet dibangun musholla : cukup 4-5 orang yang sholat). toilet dan tempat air wudhu'nya kata petugas loketnya sering byarpet :)

    di warban/warung bandrek (dari warban ke tebing keraton = 2,5 km) : juga tersedia toilet yang cukup sederhana

    nb : saat naik ojek, siapkan "mental off road" khususnya yang cewek/para ibu-ibu, karena jalanan menanjak dan berbatu.

    terima kasih, wassalam

    sudarsono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak pa Sudarsono buat informasinya :D karena mungkin baru juga yaa jadi fasilitasnya masih sederhana, dan bener banget kalau naik ojek harus siapin mental soalnya jalan menuju tebing keraton tanjakannya lumayan ditambah jalannya yang masih bebatuan :(

      Hapus
  18. berarti klo sekarang sekarang ini mau ke tebing keraton parkir mobil cuman bs smpe warung bandrek ?? trus dr warban klo ga jalan kaki ya naik ojek ?? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener banget, saran sih berangkat naik ojek pulangnya jalan, biar hemat :D

      Hapus
  19. Apakah di sana diperbolehkan buka tenda? ?? Atau αδά warung2 untuk tidurr? ??
    saya orang backpacker selalu kemana2 buka tenda. Bandung kota aja buka tenda di lapangan tegalega... haaa

    BalasHapus